Jumat, 10 Mei 2019

PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO (UNCP)



Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) atau populer dengan sebutan Uncokro Palopo dibina oleh Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo. Berdiri sejak 1 Maret 1967 dan pada tahun 2005 berstatus sebagai universitas berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 95/D/O/2005.
Pada tahun 2015 UNCP memperoleh nilai akreditasi institusi sangat baik (B) dari BAN PT Berdasarkan SK No. 616/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015. Mendapat penghargaan sebagai pengelola beasiswa dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) saat ini membina 4 Fakultas dan 13 Program studi atau jurusan.
Keempat fakultas yang ada di Universitas Cokroaminoto Palopo diantaranya ialah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), FKIP mempunyai 6 (enam) program studi atau jurusan diantaranya S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (B); S1 Pendidikan Matematika (B); S1 Pendidikan Bahasa Indonesia (B); S1 Pendidikan Bahasa Inggris (B); S1 Pendidikan Biologi (C); dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (C).

Salah satunya yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP),Pendidikan Biologi dengan akreditasi C                                            
Program studi pendidikan biologi merupakan program baru di Universitas Cokroaminoto Palopo. Program Studi Pendidikan Biologi terbentuk pada tahun 2015 dengan SK nomor 33/M/Kp/III/2015. Saat ini Program Studi Pendidikan Biologi sedang mengusulkan ke BAN-PT dengan akreditasi minimal C.
Program studi ini termasuk Jurusan yang masih baru di UNCP,namun perkembangannya hampir sama dengan ptogram studi lain yang telah terakreditasi B-A .
Program studi ini juga  mendirikan himpunan mahasiswa pendidikan biologi yaitu (HMPS-P.BIO). Jadi selama kita mengikuti perkuliahan akan ada yang namanya Magang yang dilaksankan sebanyak 3 kali yang pertama magang 1,magang 2 lalu magang 3,dan kami memiliki hak untuk memilih masing-masing tempat magang atau PPL.
Adapun Visi dan Misi yaitu :

Visi

Menjadi program studi yang ungggul dalam menghasilkan pendidikan profesional dalam mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan biologi.

Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul dan profesional di bidang pendidikan biologi.

2.      Melaksanakan penelitian berbagai model, strategi, metode dan pendekatan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam pendidikan biologi.

3.      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan melakukan kerjasama dengan stakeholder dalam pengembangan dan penerapan pendidikan biologi untuk kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.

Tujuan

1.      Menerapkan model, strategi, pendekatan dan metode pembelajaran biologi yang efektif dan inovatif.

2.      Melaksanakan penelitian dan publikasi di bidang pendidikan biologi yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan biologi dan bermanfaat dunia pendidikan.

3.      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam menyelesaian permasalahan pendidikan biologi.

4.      Mengintegrasikan bidang ilmu pendidikan biologi melalui kerjasama institusi terkait dan masyarakat
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAJU ADAT BUGIS (BAJU BODO') SUL-SEL